Apa itu Thunderbolt ?


Logo Thunderbolt

Logo Thunderbolt

Thunderbolt merupakan teknologi I/O yang mendukung display resolusi tinggi dan perangkat data dengan performance tinggi yang dikembangkan oleh Intel. Pada tahun 2011 Intel mengumumkan bahwa Thunderbolt sudah tersedia. Kemudian pada tahun 2013 generasi kedua teknologi ini diperkenalkan yaitu Thunderbolt 2.

Diagram Blok Thunderbolt

Diagram Blok Thunderbolt

Thunderbolt menggabungkan protokol I/O PCI Express (PCIe) dan DisplayPort (DP) kedalam sebuah metaprotokol dengan efisiensi tinggi. Thunderbolt dan Thunderbolt 2 menggunakan konektor yang sama yaitu serupa dengan Mini DisplayPort (MDP) seperti yang terlihat pada blok diagram diatas.

Thunderbolt dapat dihubungkan dengan berbagai macam perangkat mulai dari perangkat Thunderbolt, display atau monitor dan jutaan perangkat USB. Saat tulisan ini dibuat Intel sedang mengembangkan Thunderbolt 3.

Kecepatan Thuderbolt

Kecepatan Thuderbolt

Thunderbolt 3 memiliki kecepatan transfer data sampai 40 Gbps, sedangkan versi sebelumnya yaitu Thunderbolt 2 memiliki kecepatan 20 Gbps dan untuk versi awal dari teknologi ini memiliki kecepatan 10 Gbps. Artinya Thunderbolt 3 memiliki kecepatan 4 kali USB 3.1 yang memiliki kecepatan 10Gbps.

Thunderbolt 3 akan menggunakan konektor USB-C (USB Type-C) sebagai penghubung ke perangkat. Jadi untuk perangkat yang dibuat dengan spesifikasi Thunderbolt dan Thunderbolt 2 dapat dihubungkan dengan perangkat Thunderbolt 3 menggunakan Thunderbolt adapter.

Thunderbolt 3 Menggunakan USB-C

Thunderbolt 3 Menggunakan USB-C

Dengan kehadiran Thunderbolt 3 yang mendukung beberapa protokol sekaligus memungkinkan komputer atau laptop dipasang VGA eksternal atau kartu grafis external, memutar 4K Video, Networking dan banyak kemampuan lainnya.

Kemampuan Thunderbolt

Kemampuan Thunderbolt

Fitur kunci Thunderbolt 3:

  • Thunderbolt™, USB, DisplayPort, and power on USB-C
  • USB-C connector and cables (small, reversible)
  • 40 Gbps Thunderbolt™ 3
    • Bi-directional, dual-protocol (PCI Express and DisplayPort)
    • 4 lanes of PCI Express Gen 3
    • 8 lanes of DisplayPort 1.2 (HBR2 and MST) – supports two 4K displays (4096 x 2160 30bpp @ 60 Hz)
  • USB 3.1 (10 Gbps) – compatible with existing USB devices and cables
  • DisplayPort 1.2 – compatible with existing DisplayPort displays, devices, and cables
    • Connect DVI, HDMI, and VGA displays via adapters
  • Power (based on USB power delivery)
    • Up to 100W system charging
    • 15W to bus-powered devices
  • Thunderbolt™ Networking
    • 10Gb Ethernet connection between computers
  • Daisy chaining (up to six devices)
  • Lowest latency for PCI Express audio

Salah satu seri MacBook Pro yang dirilis pada 24 Februari 2011 sudah terintegrasi dengan Thunderbolt generasi pertama. Produk Apple lain yang saat ini telah menggunakan teknologi ini seperti Mac Pro, MacBook Air, Mac mini dan iMac. Selain itu Apple juga sudah membuat dan menjual produk-produk lain yang menggunakan teknologi ini seperti kabel, adapter dan display atau monitor. Apple akan menjadikan Thunderbolt sebagai standar Mac.

Selain Apple tentu saja Intel dan perusahaan-perusahaan besar lain seperti Asus, Dell, HP, Lenovo, GIGABYTE dan perusahaan-perusahaan lainnya juga telah dan akan menggunakan Thunderbolt dalam produk-produknya.

Jadi jika ingin membeli motherboard, laptop, PC, display, perangkat penyimpanan, perangkat audio/video dan berbagai macam perangkat lainnya, pastikan sudah mendukung atau memiliki Thunderbolt, karena disaat teknologi ini sudah populer, tentu tidak akan ketinggalan jaman😀

Sumber:

Salam dan Sapa. :D Akan tampil setelah di setujui..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: