Mengaktifkan Spell Check untuk Bahasa Indonesia di OpenOffice.


Spell Checker Bahasa Indonesia
Spell Check Bahasa Indonesia OOo

Spell Check, adalah fitur yang berfungsi sebagai penanda atau pengecek kesalahan dalam penulisan atau pengetikan suatu ejaan atau kata dalam bahasa tertentu.

Hyphenation, merupakan fitur untuk menambahkan tanda “-” jika ada kata terlalu panjang dan tidak muat dalam baris tersebut.

Ini sangat penting jika harus menulis dokumen resmi seperti surat, skripsi, atau dokumen-dokumen resmi lainnya. Tentu bagi yang menggunakan OpenOffice akan butuh yang satu ini. Silahkan simak langkahnya.

  1. Download extension Indonesian dictionary untuk OpenOffice terlebih dahulu melalui link dibawah, dengan klik Get It!

    http://extensions.services.openoffice.org/project/Indonesian_dictionary
  2. Kemudian pada program OpenOffice Writer misalnya, pilih menu Tool -> Extension Manager -> klik tombol Add –> pilih Extension yang telah didownload yaitu id.oxt.

  3. Cata setting dan mengaktifkan spell check bahasa indonesia

    – Pilih menu Tools -> Options -> Language Settings -> Languages -> Default language for documents -> Pilih Indonesian -> Ok.

    – Klik icon bergambar ABC bergaris bawah gerigi merah, untuk mengaktifkan spell check.

    – Sedangkan untuk mengaktifkan Hyphenation, Pilih menu Format -> Paragraph -> Text Flow -> centang Automatically -> Ok.

  4. Sekarang kita sudah bisa mengetik dengan menggunakan bahasa indonesia dengan ejaan yang dapat dicek dan di perbaiki jika ada kesalahan, sebagai tanda jika ada kesalahan maka kata akan digaris bawahi garis gerigi berwarna merah, untuk melihat apa kata yang mungkin dimaksud klik icon ABC yang bertanda centang di bawahnya.

  5. Enjoy! 😉
Sumber : agusw.penamedia.com

Salam dan Sapa. :D Akan tampil setelah di setujui..