Seputar X Window, Window Manager dan Desktop Environment Pembangun GUI GNU/ Linux.


Logo X11

Logo X11

Dalam lingkungan sistem operasi berbasis GNU\Linux kita tidak akan habis-habisnya menemukan alternatif dan kebebasan untuk memilih, seperti halnya desktop environment dan window manager sehingga banyak pilihan untuk mempertunjukkan kecanggihan sistem operasi GNU\Linux😀, misalnya kita bisa menggunakan desktop environment seperti GNOME, KDE, LXDE dan XFCE atau hanya dengan window manager seperti Enlightenment, Fluxbox, Openbox, Afterstep dan FVWM. Lalu apa perbedaan dari desktop environment dan window manager ini, atau mungkin yang mendengar kata-kata seperti X Window ?

  • X Window atau lengkapnya X Window System adalah software sistem komputer dan protokol jaringan yang menyediakan dasar untuk interface pengguna grafis (GUI) dan kaya akan kemampuan perangkat intput dan jaringan komputer. Ini menciptakan lapisan abstraksi perangkat keras di mana perangkat lunak ditulis dengan menggunakan set umum dari perintah, memungkinkan untuk independensi perangkat keras dan penggunaan kembali program di komputer manapun yang mengimplementasikan X. Menjadi pondasi yang memungkinkan elemen-elemen grafis digambar pada layar pada lingkungan sistem operasi UNIX dan sejenisnya. Disebut juga X atau X11 pada awalnya dikembangkan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 1984.

  • Window Manager adalah interface utama antara X Window System dengan user. Tanpa window manager, sistem akan lebih sulit digunakan dan tidak akan terlalu produktif. Window manager menyediakan fungsi-fungsi pengontrolan dan kustomisasi border, menu, icon, virtual desktop, button, tool bar.

  • Desktop Environment adalah yang didalamnya juga termasuk window manager, desktop environment merupakan system yang jauh lebih terintegrasi dibanding window manager karena desktop environment memiliki utiliti dan software bawaan yang lebih lengkap dan terintegrasi. Desktop environment membutuhkan X Window System dan Window Manager.

Jadi, untuk sistem operasi sejenis UNIX seperti GNU\Linux membutuhkan minimal X Window dan Window Manager agar tampil dengan interaksi grafis atau GUI(Graphical User Interface). Namun akan lebih canggih dengan menggunakan desktop environment karena didalamnya sudah termasuk window manager dan utiliti-utiliti atau aplikasi pendukung yang terintegrasi.

Tampilan X Window System dengan Window Manager twm [sekita akhir 1980an]

Tampilan GUI SO Unix dengan Window Manager twm yang dapat berjalan dengan dukungan X Window System [sekitar akhir 1980an]

Beberapa desktop environment.

GNOME (GNU Network Object Model).

Logo GNOME

Logo GNOME

GNOME tidak saja memiliki window manager, tetapi system desktop yang interoperable antar komputer dan platform. Kemampuan ini diperoleh karena GNOME menggunakan Common Object Resource Broker Architecture (COBRA). GNOME lebih diterima di dunia OpenSource karena dibuat dengan GTK+ toolkit yang free dan OpenSource berdasarkan GNU License. Percabangan (fork) dari GNOME juga ada seperti halnya Unity, MATE, ataupun Cinnamon.

Komponen GNOME.

Window Manager : Metacity (GNOME 2.x), Mutter (GNOME 3.x shell).
File Manager : Nautilus.
Office Suite : GNOME Office (which includes AbiWord and Gnumeric).
Music Player : Rhythmbox.
Video Player : Totem.
CD/DVD Burner : Brasero.
Games : GnomeGames.

Tampilan DE GNOME

Tampilan Dekstop Environment GNOME

KDE (K Desktop Environment).

Logo KDE

Logo KDE

KDE adalah desktop environment dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech. KDE dapat ditemui pada berbagai sistem Unix, termasuk Linux, BSD, dan Solaris. KDE juga tersedia untuk Mac OS X dengan bantuan lapisan X11 dan untuk Microsoft Windows dengan bantuan Cygwin.

Komponen KDE.

Window Manager : KWin.
File Manager : Dolphin.
Office Suite : KOffice.
Music Player : Amarok.
Video Player : Dragon Player.
CD/DVD Burner : K3b.
Terminal Emulator : Konsole.
Games : The KDE Games Center.
Education : KDE Edu.

Tampilan DE KDE

Tampilan Dekstop Environment KDE

LXDE (Lightweight X11 Desktop Environment).

Logo LXDE

Logo LXDE

LXDE adalah sebuah lingkungan desktop yang ringan dan cepat. LXDE dirancang agar ramah bagi pengguna dan desainnya ramping, ini untu menjaga agar penggunaan sumber daya tetap rendah. LXDE menggunakan RAM dan CPU berkemampuan rendah namun tetap kaya fitur sistem operasi. Karena penggunaan sumber daya yang rendah inilah yang membuat LXDE hemat energi.

Komponen LXDE.

Window Manager : Openbox.
File Manager : PCManFM.
Task Manager : LXTask.
Terminal Emulator : LXTerminal.

Tampilan DE LXDE

Tampilan Desktop Environment LXDE

Xfce.

Logo XFCE

Logo XFCE

Xfce adalah free desktop environment untuk Unix dan Unix-like platform, seperti Linux, Solaris, dan BSD. Xfce dibuat agar menjadi cepat dan ringan dan tampilan visual menarik dan mudah digunakan. Ini terdiri dari komponen terpisah yang dikemas bersama-sama menyediakan fungsionalitas penuh dalam lingkunan desktop. Xfce terutama digunakan karena kemampuannya untuk dijalankan pada lingkungan desktop modern pada perangkat keras yang relatif rendah.

Komponen XFCE.

Window Manager : Xfwm
File Manager : Thunar
Media Player : Parole
CD/DVD Burner : Xfburn
Task Manager : Xfce Task Manager

Tampilan DE XFCE

Tampilan Desktop Environment XFCE

Beberapa window manager.

AfterStep, amiwm, awesome, Blackbox, Compiz, Enlightenment, Fluxbox, IceWM, Sawfish, twm, Openbox, dan masih banyak lagi. Window manager tentu lebih ringan saat dipasang pada sistem GNU\Linux, karena tidak terlalu banyak tambahan seperti utiliti atau software yang ada pada desktop environment.

Enlightenment17 Window Manager

WM Enlightenment17

FluxBox Window Manager

WM FluxBox

Compiz Window Manager

WM Compiz

IceWM Window Manager

WM IceWM

JWM Window Manager

WM JVM

Compiz Window Manager

WM Compiz

Oke, cukup dulu pembahasannya karena kalau ngomongin DE dan GNU\Linux gak bakalan habis-habis🙂, moga itu bisa membantu untuk memahami dan mengetahui tentang lingkungan GUI GNU\Linux.🙂

Salam dan Sapa. :D Akan tampil setelah di setujui..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: