Cara Beralih ke Open Source


Logo Opensource

Logo Opensource

Software open source boleh digunakan dan digandakan oleh siapapun, dimodifikasi sesuai keperluan, disewakan dan bahkan diperjualbelikan tanpa harus membayar lisensi kepada pembuat software. Software open source disebarluaskan dengan menggunakan lisensi publik, antara lain misalnya lisensi GPL (GNU General Public Licence). Lisensi model ini memastikan bahwa kode sumber sebuah program open source akan selamanya bersifat open source.

Software proprietari(berpemilik) hanya boleh digunakan oleh yang membeli lisensi (atau ijin pakai), tidak boleh digandakan kecuali oleh perusahaan pemiliknya, tidak boleh dimodifikasi (kecuali dalam batas yang diberikan dalam program), tidak boleh dilakukan riset terhadap kode programnya dan tidak boleh disewakan. Kata-kata ini jelas terbaca pada End User Licence Agreement (EULA) yang tercantum pada saat software itu sedang diinstal.

Mengapa harus pakai yang open source ?

1. dengan menggunaan software open source, kita tidak perlu dipusingkan dengan lisensi berbayar.

2. Software proprietari dapat digunakan hanya selama lisensinya berlaku. Bermain-main dengan software bajakan adalah melanggar hukum dengan ancaman denda atau penjara. lihat Pasal 72 ayat (2). wew…ribet.

3. Software open source dapat dipelajari source code nya dan juga dimodifikasi sesuai kebutuhan, sedangkan software proprietari hanya bisa digunakan.

4. Biasanya software open source dapat dijalankan di banyak platform sistem operasi seperti Windows, Linux dan MacOS, sehingga jika ingin menggunakan sistem operasi lain maka dapat dengan mudah menemukan dan menggunakan software tersebut.

5. Banyak lagi keuntungan menggunakan software open source, untuk mengetahui apa sebenarnya open source, silahkan download,

Panduan_OSS_v1.00.pdf

Langkah-Langkah beralih ke open source

Pertama gunakan dulu software-software opensource ataupun free di Windows sebelum memantapkan langkah menginstall Sistem Operasi yang Open Source di komputer.

1. Software-software Opensource dan free(untuk penggunaan personal) yang dapat jalan di Windows.

2. Sistem Operasi yang bisa menjadi pilihan beralih ke Open Source, usahakan gunakan distro pengembangan bangsa indonesia, karena tentu akan mendukung hardware yang dijual diindonesia, serta software-software yang dibutuhkan oleh bangsa indonesia. 

  • BlankOn, salah satu distro hasil pengembangan anak bangsa yang masih tetap dikembangkan yang merupakan turunan dari Ubuntu dan telah disesuaikan baik itu software dan driver untuk pengguna komputer di indonesia.
  • IGOS Nusantara, juga pengembangan anak bangsa yang berbasis fedora, tentu dengan bermacam-macam modifikasi oleh pada master.
  • Ubuntu, adalah sistem operasi jenis linux yang paling populer karena memang karena kemudahan dalam hal installasi dan penggunaannya, sebelum menginstall pun kita dapat mencoba melalui Live CD atau Live USB. Jika ingin mempelajari mengenai installasi dan segala hal mengenai ubuntu silahkan download E-book ubuntu dan gabung di forum Ubuntu Indonesia.
  • Fedora.
  • OpenSUSE.
  • Debian.
  • Mandriva.
  • Sangat banyak distro-disto linux yang ada baik lokal ataupun dari luar dari dalam negri, silahkan dicoba-coba yang mana yang paling cocok dan jika telah menemukannya tentu harus digunakan untuk aktifitas kerja sehari-hari, buat tugas kuliah, presentasi, dll.

Jika Ingin mendownload masing-masing distribusi  linux tersebut bisa masuk ke Home Page masing-masing distribusi linux tersebut atau juga ada server atau mirror di indonesia seperti kambing.ui.ac.id atau repo.ugm.ac.id. di sana ada file image(.ISO) untuk masing distro linux. Jadi silahkan di unduh..🙂

Sumber referensi : Wikipedia, Wikihow dan POSSbuletin@http://poss.ums.ac.id/

4 Responses to Cara Beralih ke Open Source

  1. Ping-balik: Pilihan Antivirus Untuk GNULinux « Untuk Kami

  2. Ping-balik: Zekr Qur’an, Aplikasi Al-Qur’an yang Komplit « Untuk Kami

  3. Ping-balik: Kamus Plus, Aplikasi Kamus Gratis, Interaktif dengan Pelafalan Kata dan Cross Platform. « Untuk Kami

  4. Ping-balik: Cara Mudah Merubah file Jar menjadi Exe dengan Launch4j | Untuk Kami

Salam dan Sapa. :D Akan tampil setelah di setujui..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: