Cara Ampuh Cegah Virus di Windows


Antisipasi-Virus

Virus

Tentunya cara ini buat yang menggunakan windows baik Windows XP atau Windows 7, cara ini baiknya dilakukan saat setelah menginstall windows, karena komputer masih bersih sehingga dapat mencegah windows yang baru diinstall terinfeksi virus atau yang belum kena, hehe… Meski ini sepele tapi ini adalah gerbang pertama masuknya virus dari media penyimpanan luar seperti flashdisk dan cd, virus menggunakan file autorun.inf untuk mengeksekusi virus utamanya. Namun jika dimatikan fitur autoplay maka file ini tidak akan jalan. Oke sebelum windows kena virus baiknya langsung dipraktekkan.

1. Matikan fitur Autoplay.

AutoPlay

Windows XP

  • Start –> Run –> ketik mscofig –> OK –> Pilih System –> Klik panah Administrative Templates (di bawah Computer Configuration)–> klik All Settings –> cari list Turn Off Autoplay kemudian double klik –>pilih Enable –>OK.
  • Lakukan sekali  lagi tapi pada User Configuration.
Windows 7
  • Start –> Run –> ketik msconfig –> OK –> Klik panah Administrative Templates (di bawah Computer Configuration)–> klik All Settings –> cari list Turn Off Autoplay kemudian double klik –>pilih Enable –>OK.
  • Lakukan sekali  lagi tapi pada User Configuration.
2. Install Antivirus.
  Smadav ( untuk deteksi virus lokal)

SmadAV-Logo

Mengapa Smadav?? karena Smadav adalah antivirus lokal memiliki tool yang banyak untuk mencegah dan mengatasi virus dan sangat cocok disandingkan dengan antivirus luar atau populer lain. Minimal windows diinstall antivirus ini terlebih dahulu sebelum menemukan Antivirus luar yang cocok dengan komputer.
  • Download Smadav terbaru via Smadav.Net.
  • Install Smadav.
  • Jangan lupa selalu cek dan download versi terbaru Smadav pada link diatas.

  AVG ( untuk deteksi virus luar dan repair file yg terinfeksi virus)

AVG-Logo

AVG disarankan karena tersedia versi free yang sudah ampuh untuk menangani virus luar dan lokal. Sehingga jika ada file yang telah terinfeksi AVG dapat merepair atau menyembuhkan file yang terinfeksi tersebut. Mungkin saat mendownload di situs resminya akan mengalami sedikit kebingungan karena yang didownload adalah file installer yang akan mendownload lagi saat proses installasi, nah berikut langkahnya.

  • Download Installer AVG Free via Softpedia atau Filehippo.
  • Install AVG.
  • Update AVG sebaiknya sekali 2 minggu dan langsung koneksi ke internet karena jika terlalu lama tidak diupdate maka file update akan membengkak dan akan menyebabkan virus baru tidak terdeteksi dan update akan gagal sehingga butuh install AVG terbaru lagi.
Sampai disana mungkin windows sudah terhindar dari virus nakal, jadi windows kita aman dan aktifitas kita dengan komputer tidak terganggu. 🙂

One Response to Cara Ampuh Cegah Virus di Windows

  1. Ping-balik: Pilihan Antivirus Untuk GNULinux « Untuk Kami

Salam dan Sapa. :D Akan tampil setelah di setujui..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: