Cara Ampuh Merawat Baterai Laptop Agar Awet


Baterai

Battery

Baterai adalah bagian penting laptop yang harus diperhatikan “Kesehatannya” baik itu dalam penggunaan atau perawatannya. Mungkin bagi sebagian orang timbul kebingungan bagaimana cara merawat baterai yang benar. Baterai yang digunakan pada laptop saat ini adalah tipe Li-ion, Setiap baterai memiliki batasan pengisian atau disebut Life Cycle atau Cycle Count yang jumlahnya tergantung pada pabrik yang membuatnya, bisa jadi 200-300 Cycle , dimana setiap 1 Cycle adalah penggunaan 100% kapasitas baterai. Jika Cycles Count baterai telah mencapai jumlah maksimal atau batasnya maka baterai akan menurun kemampuannya . Nah untuk menjaga peformanya , dan memperpanjang umur penggunaan baterai , maka perlu mengubah cara penggunaan baterai, berikut cara penggunaan baterai yang benar.

  1. Gunakan baterai minimal satu kali seminggu sekitar 50% penggunaan, untuk menjaga peformanya, maksudnya jika selalu menggunakan laptop yang tercolok ke Charger, walaupun baterai masih terpasang, gunakan daya baterai sesekali sampai penggunaan 40-50%.

  2. Jika membeli laptop atau baterai baru tidak perlu harus mengisi baterai selama 8 jam , seperti yang sering kita dengar , karena baterai Li-ion sudah dapat langsung digunakan .

  3. Jika kamu sering bertanya-tanya apakah harus melepas baterai saat Charger tersambung ke laptop ?, nah untuk yang satu ini tergantung penggunaan.

  • Memasang Charger saat baterai telah terisi penuh tidak berbahaya , karena jika baterai telah tersisi 100%, maka otomatis energi listrik dari Charger tidak lagi mengisi baterai namun langsung di supply ke sistem power supply di laptop.

  • Jika menggunakan laptop untuk aktifitas normal, dimana suhu CPU dan Hardisk 40 – 50 derajat celcius, maka biarkan baterai tetap terpasang pada laptop.

  • Namun jika menggunakan laptop untuk aktifitas berat seperti game, dimana suhu lebih dari 60 derajat celcius, maka lepaskan baterai dari laptop.

  • Suhu sangat berpengaruh pada baterai dan jika terlalu panas dapat menurunkan battery healt.

  • Untuk melepas baterai laptop matikan laptop terlebih dahulu baru dilepas, jangan pernah melepas batetai saat laptop sedang hidup.

  1. Jangan menggunakan baterai sampai benar-benar habis atau kritis , kemudian baru mengisinya, karena akan mengurangi life time baterai.

  2. Gunakan aplikasi untuk memonitor keadaan baterai , yang dapat menampilkan keadaan detail dari baterai laptop seperti daya, wear level, cycle count, dl. Ada banyak software untuk ini, jadi silahkan searching. Hehe…..

Mungkin itu sedikit tips agar baterai laptop jadi lebih awet.🙂

Sumber : http://batterycare.net/en/guide.html

Salam dan Sapa. :D Akan tampil setelah di setujui..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: