Tutorial Mengakali Hardisk yang Bad Sector tanpa repair dengan Hiren’s BootCD


by Rahman Habibi
Hiren'sBootCD 11.0

Hardisk bad sektor memang menjadi masalah umum pada hardisk yang menggunakan platter atau piringan, menggunakan konstruksi mekanik yang rentan terhadap kerusakan seperti suhu, guncangan, dsb. Salah satu kerusakan yang sering dialami adalah bad sector yang dapat menyebabkan proses baca tulis data ke hardisk menjadi terganggu bahkan sampai gagal. Banyak tool untuk recovery bad sector, namun dalam kondisi bad sektor yang sudah parah itu memakan proses yang sangat-sangat lama menyampai hitungan hari dan tool-tool untuk perbaikan bad sector pun tidak gratis. Nah, solusi yang tepat adalah tetap bisa menggunakan hardisk tersebut, yaitu dengan mengabaikan area hardisk yang bad sector dan hanya menggunakan sector-sector yang bagus. disini hardisk dengan kondisi yang sudah cukup parah dengan kegagalan hardisk (imminent failure) yang telah dideteksi SMART pada hardisk dengan 2000 lebih bad sector, namun tetap bisa digunakan tanpa gangguan dengan cara ini, berikut langkahnya.

Kondisi:

  1. Hardisk dengan kapasitas 250GB, kapasistas sesungguhnya sekitar ~230GB
  2. Masih terdeteksi(tidak rusak secara hardware) dan masih dapat digunakan namun terdapat bad sector yang menyebar atau sporadis, namun memiliki jangkauan.
  3. Kondis awal sistem operasi berjalan sangat-sangat lambat karena file-file sistem operasi diinstall atau berada tepat pada posisi bad sector, sehingga kecepatan baca dan tulis hard disk sangat lambat.

Yang dibutuhkan:

  1. Tentu saja Hiren’s BootCD, tool-tool yang digunakan semuanya ada didalamnya, disini yang digunakan versi 11.0, untuk mendownload silahkan menuju Link1. Untuk versi terbarunya silahkan menuju Link2.
  2. Siapkan Hiren’s BootCD yang telah diburning ke CD.
  3. Untuk yang ingin menggunakan Hiren’s BootCD bisa boot melalui flashdisk, silahkan baca postingan ini.

Langkah yang dilakukan

  1. Membackup data penting ke penyimpanan luar dengan menggunakan mini Windows XP.

Mini Windows XP di Hiren's BootCD

Mini Windows XP di Hiren’s BootCD

    • Boot melalui CD atau flashdisk yang berisi Hiren’s BootCD.
    • Pilih mini Windows XP.
    • Jika telah masuk ke miniXP, backup atau copy seluruh data penting dan yang masih bisa diselamatkan ke penyimpana luar seperti hard disk eksternal atau flashdisk dsb, gunakan tool-tool lainnya untuk mengcopy data yang ada pada Hiren’s jika kesulitan mengcopy data pada posisi bad sector.
  1. Melakukan Write Zeros pada hardisk menggunakan Western Data Lifeguard, PARTISI dan DATA AKAN DIHAPUS SELURUHNYA.
    • Klik Start -> HBCD Menu -> Hardisk -> Western Digital Data Lifeguard Diagnostic.
    • Klik kanan hard disk -> Run Diagnostic -> Write Zeros -> Fast.
  1. Melakukan test surface atau tes permukaan hardisk menggunakan HDD Tune, untuk mengetahui posisi ok atau bad pada sector hardisk.
    • Pilih Start -> HBCD Menu -> Hardisk -> HDD Tune.
    • Pilih tab Error Scan -> Klik Start(jangan centang quick scan agar bad sector dapat ditemukan).
    • Tunggu sampai selesai, kemudian tekan print screen pada keyboard atau klik icon Copy Screen Shot to Clip Board untuk mendapatkan gambaran kondisi hardisk.
    • Buka pada program IrvanView Image Editor, Klik Start -> Programs-> IrvanView Image Editor, pilih File -> Paste atau Ctrl+v.
    • SIMPAN GAMBAR, agar dapat dilihat kembali nanti.

Hasil Scan Hardisk dengan HDD Tune

Hasil Scan Hardisk dengan HDD Tune

  1. Menghitung posisi atau range hardisk yang masih dapat digunakan dan yang tidak.

Buka dan analisa gambar hasil scan tadi. Kondisi yang bad memang hanya 2,3% namun menyebar dan menghabiskan sekitar 80-90 GB range hardisk. Pada awal dan akhir bad sector (blok warna merah) itu tidak mungkin digunakan lagi karena kemungkinan data hilang dan ketidakstabilan proses baca dan tulis data akan terjadi pada posisi itu. Sekarang bagaimana cara menghitung rangenya??? Berikut caranya.

Perhitungan Sector Hardisk yang OK dan Bad

Perhitungan Sector Hardisk yang OK dan Bad

    • Jumlah blok(yang warna hijau dan merah) keseluruhan untuk menampilkan kondisi hardisk ada 50×50 atau 2500 blok atau kotak, dan total keseluruhan kapasitas hardisk pada Position yaitu 238378MB(tergantung kapasistas hardisk), jadi untuk mendapat berapa kapasitas hardisk per 1 blok/kotak, cara menghitungnya yaitu total keseluruhan kapasitas hardisk dibagi dengan jumlah blok keseluruhan. Jadi: 238378 MB / 2500 = 95,3512MB
    • Maka untuk setiap kotak-kotak kapasitasnya 95,3512MB, walaupun sudah ditampilkan 95MB pada Legend namun agar perhitungannya tidak meleset 1kb pun maka perlu lebih presisi, dengan menghitungnya sendiri.
    • Sekarang hitung jumlah blok hijau dari posisi awal sampai posisi sebelum yang berwarna merah(posisi aman atau OK), hitung dengan baris x kolom, disini jumlah bloknya 9×50-1 = 449 blok.
    • Untuk yang kondisi bad(dari blok merah awal ke blok merah akhir) dan tidak akan dipakai atau dibuang, 18×50-17=883 blok.
    • Sisanya di bawah bad sector(hijau semua, pasti ok) yang masih aman yaitu 2500-(883+449) = 1168 blok.
    • Sekarang hitung berapa gigabyte blok-blok tersebut untuk mengetahui kapastas partisi sebenarnya yang akan dibuat partisi nanti, dengan perkalian kapasitas dalam MB/blok dengan Jumlah Blok, disini kita telah dapat kapasitas per blok adalah 95,3512MB atau sekitar ~95MB, jadi.
    • Perhitungannya.

Partisi 1 = 449 x 95,3512 MB = 42812,69 MB atau ~42,8 GB
Partisi 2 = 883 x 95,3512 MB = 84195,11 MB atau ~84,1 GB
Partisi 3 = 1168 x 95,3512 MB = 111370,20 MB atau ~111,3 GB

  1. Membuat partisi berdasarkan range-range yang telah dihitung.
    • Buka Partition Wizard Home Edition, klik Start -> HBCD Menu -> Partition, buat partisi sesuai dengan perhitungan diatas.
    • disini saya membuat 3 buah partisi semuanya tipenya: Primary, filesystem: NTFS, ukurannya diinput dengan satuan MegaByte sesuai perhitungan.
    • Sekarang ada 3 partisi selanjutnya DELETE partisi yang berisi bad sector, disini adalah partisi 2 yang kapasitasnya 84195,11 MB.
    • Kondisi terakhir hardisk adalah dengan 2 partisi yang dapat digunakan dan 1 unallocated space(bad sector).
  1. Menginstall sistem operasi pada sektor paling aman dari bad sector.
    • Selanjutnya tinggal mengganti drive letter 2 partisi yang ada, disini saya menggunakan partisi terakhir sebagai tempat menginstall sistem operasi, dan mengubah drive letter partisi terakhir dengan C: dan partis pertama dengan D.
    • Jika masih ingin membagi partisi terakhir menjadi 2 bagian juga bisa, namun ingat batasan untuk partisi Primary dalam satu hardisk adalah 4.
    • disini saya membagi dua partisi terakhir menjadi dua bagian, sehingga partisi yang ada sekarang 3 buah dan satu Unallocated.
  1. Hasilnya setelah di partisi dan diinstall Sistem Operasi.
Kondisi Akhir Hardisk
 
:)
 
Pada kondisi yang lebih sederhana dari kondisi diatas, misalnya hanya memiliki bad sector beberapa blok, kita tidak perlu melakukan Melakukan langkah no. 2 Write Zeros atau menghapus seluruh data. Namun langkah utama disini adalah menghitung jangkauan yang terkena bad sector dan yang ok, kemudian menghapus partisi yang mengandung bad sector saja. Setelah partisi dihapus kita bisa melakukan resize atau merubah ukuran partisi lain untuk menggunakan sisa ruang disk yang ok dari partisi yang dihapus tadi, untuk menghindari terlalu banyak ruang yang terbuang.
 
Versi Hiren’s BootCD dan utiliti didalamnya tentu juga akan terus berubah, jadi teman-teman bisa sesuaikan saja.
 
Kondisi hardisk tentu beragam, namun inti dari tutorial ini yaitu dengan membuang atau tidak menggunakan atau tidak mengalokasikan sector yang bad, jadi eksperimen bisa dilakukan sendiri sesuai kondisi.
 
Jika ada pertanyaan terkait artikel ini, teman-teman bisa bertanya di halaman facebook Untukkami.
About these ads

120 Responses to Tutorial Mengakali Hardisk yang Bad Sector tanpa repair dengan Hiren’s BootCD

  1. Ping-balik: Perhitungan Kapasitas Hard disk dan Komputer dalam Bit, Byte, KB, GB sampai Geopbyte « Untuk Kami

  2. Edi Sujono mengatakan:

    Terima kasih tutorialnya gan, ini bermanfa’at buat saya.

  3. albisri mengatakan:

    bagus juga mas
    makasih yaa

  4. dana bagus purwanto mengatakan:

    sip

  5. Mas, saya pake WD3200BEVT-22A23TO.. Bad sector-nya 520.. Nasib membawa saya ke sini, hehe.. Pagi ini saya akan mencoba tips dari sampean dengan HBCD 15.1

  6. arion lumbantoruan mengatakan:

    gimana kalau bad nya menyebar hampir di hardisk , apa ga bisa diperbaiki lagi nih mas?

    • Rahman Habibi mengatakan:

      agak susah kalo gtu, soalnya disini kita memanfaatkan sisa yang masih baik. Jadi kalo gitu untuk kasus ini tidak bisa make cara ini. jika tetap ingin make hardsiknya kemungkinan nanti data-data yang akan disimpan kebanyakan rusak.

  7. benauft mengatakan:

    di HD tune pro 5.00 sepertinya sudah ada lokasi bad sector ya gan di bawah blok2 itu? apa sudah tepat perhitungannya?

    • Rahman Habibi mengatakan:

      wah belum coba HD Tune 5 tuh…
      kalau perhitungan yang diatas InsyaAllah udah bener…
      kalau perhitungan HD Tune 5 nya belum tau …
      karena belum coba hehe…

  8. Ahsan mengatakan:

    benar-benar membantu gan,,,
    ini dia yang ane cari-cari dari dulu
    mau praktek nih,,,
    thansk banget buat sharenya :D

  9. sandi mengatakan:

    makasih mas infonya semoga saja laptop saya bisa sembuh :)

  10. dino mengatakan:

    mantap gan infonya …………. thx

  11. adam mengatakan:

    gan, hardisk saya ini wdc, setiap kali dinyalakan hanya ada muncul pesan error dan tidak bisa masuk ke OS, saya coba untuk instal ulang tapi juga tidak berhasil diteruskan instalannya, saya cek di bios ternyata hardisk masi ke detek, apakah ini masi bisa diperbaiki dengan HBCD ???

  12. victor mengatakan:

    Terima kasih tutornya, moga berhasil di HDD caviar black 2 TB saya.

  13. faqih mengatakan:

    pusing saya….
    bad sectornya hardisk saya hampir nyebar dari atas sampai bawah!!!!!!!!!!

  14. VanBronconk mengatakan:

    mantap…. semoga manfaat..

  15. bobrocxz mengatakan:

    keren gan nice share n berguna bngt wat ane yg lg bljar ngoprek…. mudah2n dpt berkah amin

  16. Subantoro Nur Sheha mengatakan:

    bagus nih infonya bagus banget n berguna gan,!!! sangat terbantu dengan info ini :)

  17. oelyn mengatakan:

    makasih gan…. ane jg lagi ngakali partisi dalam HD bad. yg ane susah ya itu.. ngontrol posisi badnya… skli lg makasih.. do’ain ane bisa….

  18. agus mengatakan:

    terimakasih infonya, sangat berbermanfaat, semoga selalu sukses

  19. Nagh Mabez citypop mengatakan:

    gan, Disk drive ane tidak muncul saat ingin instal ulang,, penyebab awalnya ingin instal linux bersamaan dg w 7 , akhirnya linux mint berhasil tp windowsx g bsa dn drive c ilang tanpa jejak,, :D msi bsa dprbaiki kah??

    • Rahman Habibi mengatakan:

      disk drive atau partisinya yang gak muncul??? Kalau partisinya bisa jadi unallocated atau tidak terpartisi bisa jadi karena kesalahan membuat partisi, partisi pimary maksimal cuma 4, dari partisi primary yang ada itu baru didalamnya dibuat partisi logikal yang bisa banyak.

      Jadi coba cek lagi keseluruhan partisi apa ada yag unallocated, cek sizenya, jika itu memang C: kalo ada data selamatkan dulu scan pakai data recovery jangan langsung di format karena dalam keadaan itu data masih bisa dikembalikan.

      sebaiknya nginstall linux di logical, karena linux banyak menggunaka partisi kayak home, root, swap dll.

  20. koko handoko mengatakan:

    oke mas besok pagi mau saya coba setelah donlot HBCDnya selesai :D
    btw thanks bangwt ya semoga bermanfaat :thumbsup

  21. Ping-balik: Tutorial Mengakali Hardisk yang Bad Sector tanpa repair dengan Hiren’s BootCD « NoeGi

  22. Erik mengatakan:

    Punya saya kalau di scan gak ada yang bad sector, tp muncul notif windows detect hardisk error terus.
    Uda saya coba format terrus install linux eh muncul lagi notif yang hampir sama.
    Ada Saran?
    Mungkin bisa share di email saya

  23. cahya mengatakan:

    tks mas brow..bermanfaa bgt..

    aneka-jasa.com
    melayani iklan gratis dan akan beroperasi 2013 mendatang

  24. Alphonse mengatakan:

    bisa tidak tanpa memformat hardisk, hanya meng alokasi data

  25. jodie mengatakan:

    Terima kasih mas Rahman, tutorial ini sangat bermanfaat.. tapi ada yang ingin saya tanyakan, saya ingin memperbaiki HDD External, apakah HBCD dapat dijalankan memakai Ultra ISO? Pada waktu menjalankan Western Data Lifeguard yang akan menghapus semua partisi dan data ada pilihan HDD mana yang akan dihapus? karena dalam komputer saya ada 2 HDD internal dan yang mau saya perbaiki adalah HDD external dan juga apakah pada waktu menjalankan HDD Tune dan pembuatan partisi ada pilihan HDD mana yang akan dikerjakan? saya takut nanti malah HDD internal saya yang terhapus. Mohon penjelasannya, Terima kasih banyak.

  26. jackz mengatakan:

    bad sector saya 15 ribu scan hdd repair apa masi ada kesempatan hidup mas

  27. Eman mengatakan:

    bagus banget penjelasannya ma. saya mau tanya jika pada gambar blok-blok itu blok pertama (ke 1) berwarna merah dan yang lainnya hijau apakah masih bisa digunakan untuk OS. makasih sebelumnya

    • Rahman Habibi mengatakan:

      Mungkin akan bermasalah untuk booting sistem operasi,
      akan sulit membaca file-file boot,
      karena file boot ditaruh di sektor awal.
      mungkin hdd tersebut hanya bisa untuk menyimpan data.
      untuk sistem operasi sepertinya kurang bagus.

  28. xave mengatakan:

    punya saya pas booting pake mini xp kok nda ke detect ya hardisknya? Jadi nda ada yg ukurannya 500gb itu. Kenapa ya mas kira2?
    Yg penting bisa back up data padahal :(

    Udah coba regenerate bad sectornya juga, tapi kelamaan dan baru 7% saya stop, tapi udah 14rb bad sectornya. Apa ini penyebabnya? Kok bisa banyak gitu ya bad sectornya

    • Rahman Habibi mengatakan:

      - Regenerate hardisk, kalau banyak yang bad, bisa makan waktu sampe lebih 1 hari.
      – Penyebab hdd bad, biasanya hdd yang udah tua, :D
      – Coba pake linux kalau memang cuma ingin backup data, umumnya linux tersedia live cd, misalnya bisa gunain Ubuntu atau Mint, tinggal masukin cd dan linux langsung jalan, tinggal copy data ke media lain.. :D
      – Kalo kurang familiar dengan linux, ini kesempatan buat kenalan, siapa tau jodoh, hehe…

  29. Mase mengatakan:

    Gan HBCD free apa lisensi ..
    Kalo lisensi, full crack ndak ??
    Maklum koneksi internet Ane pas2an ..
    Jadi waktu sangat dipertimbangkan ..

    Kebetulan Ane dapat kasus sama,
    Alih alih dapat ilmu baru

    Makasih infonya,
    Best Regards

  30. randi mengatakan:

    jadi kita disini mau menyelamatkan blok2 yg msh bgs gitu ya mas? jdi yang rusak di buang gitu?

  31. coco mengatakan:

    makasih gan……

  32. Iqbal mengatakan:

    saya kurang ngerti Ka yang bagian 2, 3, 5, 6, dan 7..
    haaddeeuhh.. heh :D

  33. wan mengatakan:

    terima kasih gan info nya..
    bagus banget..

    ane akan coba mah hdd ane..
    ane bener2 terima kasih banget gan..

  34. Aditya mengatakan:

    Ok banget tutorialnya, mudah2an tambah ilmunya n makin bermanfaat. Jarang2 ada yg mau berbagi, pokoknya TOP deh. Thx.

  35. Inggris-Indonesia mengatakan:

    Wah mumet gan. Masalah HD ane blom jelas sih. Bad sector apa bukan. Ada 2 partisi C dan D. C bisa dibaca lancar smua.
    Tapi pas liat D, win exploer lama bgt bacanya dan akhirnya tdk bs dibaca, ada tulisan error : can not read. Pake Puppy linux jg gitu. badsector pada posisi tertentu.
    Baiknya diapain gan? Ada data penting soalnya. Klo pake cara agan di atas, itu khusus utk data yg siap dihapus ya?
    Makasih gan.

  36. aikiryu mengatakan:

    mantep banget gan infonya. thanks udah di share…
    good job~

  37. Wahyu Kurniawan mengatakan:

    gan, komputer PC saya gak bisa masuk ke windows, muncul primary master hardisk fail, tapi masih terdetek di bios, bagaimana solusinya? mohon bantuannya agan-agan sekalian,apakah data-datanya masih aman gan? sekali lagi mohon solusinya…

    • Rahman Habibi mengatakan:

      Coba backup dulu datanya, pakai hiren atau Linux live cd,
      baru coba scan hardisknya pakai hdd tune,
      kalau memang ada yang bad buat sususan partisi baru, dengan tidak menggunakan bagian yang bad.

  38. onal mengatakan:

    maaf newbie..
    bang.. kalau mau ambil data2nya gimana ya..?
    soalnya pas buka mini windows aku pikir harddisknya bisa di buka seperti biasa.. trus tinggal copas.. ternyata HDDnya ga ada bang.. tolong ya.. :) btw.. makasih buat infonya.. :)

    • Rahman Habibi mengatakan:

      Cek dulu HDD nya apa hidup atau gak??
      Cek di BIOS apa ke detect??
      Cek juga dari Disk Management di Windows.
      kalau memang tidak kebaca juga coba pake Linux live cd, kalau belum familiar pakai aja ubuntu atau mint,
      bisa download di internet, trus burning ke cd, tinggi boot dan jalankan selanjutnya baru copas data2nya.

  39. jejen mengatakan:

    gan, ane hdd ane lagi scan pake hdtune. balok yg ijo = ok, yang merah = damaged (bad) nah yang abu-abu = 95 Mb itu maksudnya apa gan ?
    punya ane banyak balok abu-abunya. maaf ane masih newbie…

    • Rahman Habibi mengatakan:

      abu-abu 95 MB tu brarti 1 blok itu kapasitasnya 95MB
      tutorial ini masih make HD Tune versi lama..blum ada yng gituan..
      karena itu HD Tune yang baru jadi dsana ditambahin fitur itu…
      kalau yang abu-abu di bagian scan, berarti itu bagian yang belum di scan..

  40. wans mengatakan:

    keren mas tutornya ni, btw saya mau nanya.
    saya cek pke hd tune, yg bad itu d posisi paling atas di blok 10 dari kiri.
    tertulis error at 3290 Mb, kalau saya buang cuma 5gb itu ud pas nggk ya ?

    • Rahman Habibi mengatakan:

      itung dulu ntar kepake yang bad lagi,,,
      1 blok nya berapa MB???
      misalnya 1 blok 100MB
      ntar kaliin aja 10 Blok x 100MB = 1000 MB atau 1GB
      jadi yang di buang lebih dari 1GB….
      itu tergantung hdd masing-masing…

  41. amboe mengatakan:

    Master…Laptop pernah jatuh..waktu itu jg ga bisa booting…
    ane buka truz di jadi’n HDD external…pas colok ke laptop temen cuma bunyi tet..tet..tet..truz bhenti dan cuma kebaca di computer management…
    SS: Disk 1
    Unknown
    2048.00 GB ////2048.00 GB\\\\
    Not Initialized unallocated

    Mohon pencerahannya master…???

    • Rahman Habibi mengatakan:

      Coba pake Easeus Partition Manager,,
      Install dan jalankan.
      Pilih Disk 1,
      Di toolbar atas ambil Partition Recovery,
      ntar partisi yang hilang bakalan di scan kemudian di balikin….
      pilih yang fast.

  42. be on mengatakan:

    Terima kasih tutornya mas, ni membantu saya yg lagi dpt kesusahan kek gni :) tak coba ya

  43. Rizal mengatakan:

    om rahman,ini hdd saya sudah selesai di partisi,pas selesai di apply kenapa yah kok hdd jadi warna hitam dan ada tulisan (bad disk),partisi yang sudah dibuat hilang semua

  44. elhadiry mengatakan:

    Ninggalin jejak dulu boleh kan mas, siapa tahu lain kali kalo ada harddisk bad sector bisa dicari-cari lagi, soalnya klo dibookmark sering hilang kena install ulang, hehe…

  45. fatlur mengatakan:

    mas, saya beli HDD baru dan saya instal windows 7. tapi setelah direboot windowsnya hilang dan hardisk ternyata g bisa dipartisi dan tidak bisa diinstal ulang. partisi yang pertama hilang dan menjadi unnalocated. mohon pencerahannya. terima kasih.

  46. anis mengatakan:

    mo nanya boss, saya punya hdd gak bisa ke booting sama sekali. apa bisa pake hirens boot cd?mohon bantuannya.terima kasih sebelumnya.

  47. dika mengatakan:

    kalo error pas write zero gmna bang? Ad cra lain write zero g?

  48. tafiph mengatakan:

    sangat bermanfaat

  49. jelatang18 mengatakan:

    alhamdulillah….smoga mas rahman slalu diberkati dn sehat lahir bathin slalu..Amin..
    pencerahannya sngat mmbantu.

  50. Anton Kalank Kabuwd mengatakan:

    thanks bgt mas ,lg pusing ney ma hdd samsungku ,mau beli lagi duit ngepres ..
    tak coba pke hirens 15.2 bisa gag ??
    apa harus ver 11 ??
    thanks bgt

  51. Hasut mengatakan:

    Saya coba dulu, tapi proses HDD Tune nya lama banget ya bos ? … Thanks atas trick nya … Keep Sharing

  52. Aby_Ze mengatakan:

    Gan,,
    punya saya kok waktu scan lewat hdd tune kok lama skali yah? Apa emang lama sperti ini yah?
    Terus waktu saya buat langkah ke 2, pro5ramnya muncul pesan error write zero dan muncul angka” gitu,, klo langkah ke 2 di langgar gak ngaruh yah ?
    Mohon pencerahannya.. :)

  53. Afrodhyte mengatakan:

    Sungguh hebat software hiren bootCD ini,

    Paparannya sungguh merinci dan detail, (meskipun panjang2 dan belum bgitu paham hehe :D)
    Blog yang bagus dan bermanfaat (y)

    nanti saya coba,,
    Thx

  54. Reja mengatakan:

    Mantap tutornya gan ,
    oh ya kalo itung range blok bwt partisinya kolom x baris gak gan ?

    • Rahman Habibi mengatakan:

      ia Kolom x Baris buat dapetin jumlah nya.
      biar dapet kapasitasnya Kolom x Baris x Kapasitas/blok.

      • Reja mengatakan:

        Maksud ane pas mau buat range partisi itungya KOLOM X BARIS bukan BARIS X KOLOM (seperti dikatakan di tutor) supaya sektor yg ‘dibuang’ lebih efisien cz blok yg rusak itu mengarah dari kiri ke kanan .
        Nah kalo gt bisa nggak gan

      • Rahman Habibi mengatakan:

        sama aja kolom x baris dengan baris x kolom.
        misalnya 4 baris x 20 kolom = 80 Kolom.
        sama saja dengan 20 kolom x 4 baris = 80 kolom.
        Sama saja :D

  55. faaza mengatakan:

    Selamat malam, mohon bantuannya, saya memiliki kasus hardisk eksternal 500 giga “seagete”, setiap kali saya hubungkan dengan internet, muncul permintaan untuk diformat, sehingga saya tidak bisa membuka hardisk saya. Apakah cara diatas bisa digunakan untuk kasusu saya? Mohon bantuannya. Terimakasih

    • Rahman Habibi mengatakan:

      Itu bukan masalah bad sector, jadi cara diatas tidak bisa untuk kasus itu.
      Gunakan tool recovery data untuk mengcopy data yang ada di partisi tersebut, karena partisi tidak bisa diakses melalui explorer, jika data terbaca. copy data ke media lain.
      dan format partisi tersebut.

  56. Machfudh mengatakan:

    Mantab mas…
    Makasi2 atas infonya sangat bermanfaat…
    Ada grop FB gk mas?? biar enak2 klo lgi tanya2 gtu :D

  57. ilham mengatakan:

    mas mau tanya nih, leptop saya kondisi lagi bgtu juga, start up nya makan waktu berpuluh2 menit terasa lambat trus sring ada peringatan hdd rusak2 gtu, dan setelah saya coba cara ini ternyata emang banyak bad sector.
    tpi dsni saya posisi badnya dari baris 1 ke 9 doang, stelah itu bagus smua.
    yg mau ditanya kalo baris dari awal brarti lgsung partisi 1 yg bakal dibuang ya??
    saya kena skitar 50gb perhitungan bad sectornya.
    saya bagi 3 partisi yg pertama 50gb,yg ke 2 saya bagi 250annya jadi 2, dan partisi 2 yg saya jadiin partisi bwt instal os

    udah saya ikuti smua skrng hilang 50gb .
    tapi ternyata setelah di instal os masih sring lemot2 juga, kyk masi ada yg slah gtu.
    mohon bantuannya ya mas. thx

    • Rahman Habibi mengatakan:

      Ada baiknya dicoba scan, bisa jadi kena bad sector. Karena pernah juga nemu laptop kyak gtu, super super super lelet, pas di scan memang kena bad sector di partisi sistem operasi.
      Solusinya ya scan trus delete partisi yang bad, trus resize partisi.

  58. adam mengatakan:

    Semoga yang post artikel ini bahagia dunia dan akhirat

  59. Matew mengatakan:

    Serius, saya sangat berterima kasih sekali atas artikel ini. dan akhirnya harddisk saya pulih lagi tanpa saya format, terima kasih banyak.! semoga anda sukses :D

  60. ilham mengatakan:

    sudah di scan kok mas, kan saya ketemu badnya dari baris 1-9, dstu partisi yg saya delete. tpi masih sama aja. klo misalnya di delete lebih dari total yg diharusin delelte bisa gak??

  61. ilham mengatakan:

    iya sudah di coba bgtu ,hdd udah kepotong skitar 50gb di posisi bad. tpi di instal ulang tetep kluar penyakit yg sama.
    lemot parah sewaktu startup, n pas dah di dalem sring loading2 yg lama2 blue screen trus mati..

    oke mas nanti saya emailin yaa, maaf merepotkan :D

  62. Asmau A.S mengatakan:

    loe pinter bgt min, dapet wangsit dari mana ?? hahahahah

    ngomong2, thanks ya tips nya, mantap …
    salam dari org Lirboyo :)

    • sayunji wong aris mengatakan:

      btw, lirboyo mbah manap bkn?? kl iya kita seperguruan..insyalloh saya bisa bantu2 nyelesai’in masalah hdd failure Org lirboyo.. :)

  63. marcellino mengatakan:

    mas bro, maaf mau numpang tanya, saya punya wd 320, hd internal ini sayan gunakan menjadi hd eksternal, kesalahan yang terjadi adalah, terpijit tombol cancel pada saat proses low format, setelah saya memulai lagi, smart di wd saya tidak terbaca sama sekali,
    – HD bisa dibaca di windows7, tetapi tidak bisa digunakan pada saat saya up pertama kali saat boot.
    – saat recovery menggunakan wd tools setelah selesai badsector tidak dapat diperbaiki katanya.
    – saya cek dengan hdd tune terdapat 1 bad sector kecil di awal.

    pertanyaan,
    – apakah smart yang terdapat di WD itu seharusnya muncul? atau bisa tidak?
    – apakah software ini dapat digunakan di windows 7 untuk mereparasinya?

    terimakasih, saya sangat memerlukan sekali informasinya.

  64. echoaxis mengatakan:

    wah trik ini memang sangat masuk akal sayang hardisk saya bad sectornya tiap sudut, jadi gak ada harapan buat di benerin, awalnya cuman 5 titik, gara2 gagal low level format 7x semakin parah

  65. eric setiawan mengatakan:

    mas hardisk saya kan kena bad sector , sampe gk bisa masuk windows , di install ulang juga selalu berenti di pertengahan jalan , kira kira pake cara diatas bisa gk ya?

  66. hastomo mengatakan:

    aslmlkm gan..saya tomo, saya minta bantuan dan sarannya gan buat hdd saya yg kena bad sector..saya sudah kirim scan hdd saya ke email agan ya..terima kasih

  67. ariyasawanda mengatakan:

    aduh gan.. ane gak punya windows mini XP,
    memangnya potong badsector gak bisa di linux yah.. ?
    contoh : PartedMagic.?

    btw,laptop ane setiap booting,tidak bisa masuk bios, lalu ada blue password,bertuliskan `enter HDD/SSD Password`

    tolong kasih wejangan gan, bagaimana mengatasi masalah ini.
    thx…

  68. Khaidir mengatakan:

    punya saya ketika saya membagi partisinya.. tiba hardisk gak terdeteksi sendiri.. menghilang gitu ommm… ada solusi gak??

    • Rahman Habibi mengatakan:

      Kalau masih gk detect, coba dengerin hdd nya ada bunyi nyit2 gak ? kalau ya coba bongkar bagian HDD nya, lihat spindle nya, kalau ditengah pindahkan ke posisi awal. pasang lagi.

  69. fadlyl hasqial mengatakan:

    gan aku mau nanya nih…. pada disk manegement saya ada partisi hardisk 101 mb unnallocated … itu terjadi saat penginstalan pada set up windowsnya saya mendelete partition disk 1 (system) yang 101 MB. mohon pencerahanya bagaimana mengatasinya.. karena setelah itu laptop saya suka lambat sekali….. dan suka lambat waktu dinyalakan padahal baru di instal.. thanks

  70. dwipras mengatakan:

    HD saya Seagate Barracuda 500Gb saya bagi 3 partisi E : System XP (68Gb), D : Data, C : System Windows 7 (30Gb). tidak bisa booting sama sekali. setelah saya boot pakai Hirens Boot CD dan masuk Mini XP, dalam Windows Explorer tampak : C : tidak terbaca isi dan ukurannya, D : Terbaca isi dan ukuran, E : Terbaca isi dan ukuran. saya shudown dan coba instal ulang windows 7 di C, gagal. setelah saya coba masuk lagi menggunakan Mini Xp, semua partisi tampak tetapi tidak terbaca isi dan ukurannya. Apakah data saya masih bisa diselamatkan?

  71. trie mengatakan:

    Gan,mohon bantuan…..
    Saya punya hard disk external (mobile hardisk) TOSHIBA 2.0 TB 1.8″. Setelah saya hapus isi filenya,kemudian coba saya format (dg windows 7) hasilnya tdk tuntas (formatnya tdk selesai) krn windows 7 nya menghentikan perintah format tsb. Dan sampai kini, barang tsb tdk dpt digunakan karena setiap kali diaktifkan, selalu minta diformat (otomatis dari windows 7) dan jika saya format, hasilnya sama, tidak tuntas dan ada tulisan windows tdk dpt melanjutkan perintah format tsb (mungkin tdk terbaca atau driver/software didalam external hard disk tsb terhapus pd saat awal format).
    Mohon solusinya gan…???

    mohon diemailkan solusinya gan….

    Terimaksih

  72. Xgamer mengatakan:

    hardisk TOSHIBA EMANG JELEK GAN!!! SUSAH JGA UNTUK DIPERBAIKI

    btw thanks gan infonya postingnya bagus dan jelas sekali

  73. zakwan mengatakan:

    mas mw tanya.. sy punya hardisk WDC 320 GB. tidak bisa diinstal sistem operasi… berhenti di 40 % pas format pake windows xp. sy coba pake hiren boot Cd.
    1. sy low level format
    2. sy hdd tune

    hasil HDD tune tidak ada yang bad sector . bloknya warna hijau semua..

    apakah yang menyebabkan harddisk sy gak bisa diinstal windowsnya..
    terimakasih.
    mohon pencerahan

  74. merah mengatakan:

    ada 2 jenis bad sector hard disk yaitu bad sector karena software dan bad sector karena hardware. bad sector karena software ada kemungkinan besar dapat diperbaiki sedangkan bad sector karena hardware, susah sekali diperbaiki bahkan mungkin harus ganti hard disk. kalau secara hardware ditandai dengan goresan pada keping hard disk bagian dalam atau sudah bunyi berisik hard disknya.

    .Untuk perbaikan hard disk, setelah data dibackup, maka teknisi yg berpengalaman akan memakai beberapa cara, yaitu :

    1. memakai program DOS untuk memformat full semua merk hard disk, yg paling bagus program Ontrack dng menu zerofill (terakhir ada di Hiren Boot CD versi 10.1)
    2. zerofill memakai program khusus sesuai merk hard disk.
    3. memakai program MiniTool Partition Wizard di Hiren Boot CD versi 15.2 atau diinstall di system yg baik, pakai menu Disk-Wipe Disk-pilih fil sector with zero atau yg lainnya, biasanya bad sector akan lenyap. Cek pakai surface test untuk melihat sector yg rusak atau men cek apakah semua sector sudah diperbaiki.

    Ingat, simpan data anda di hard disk yg akan diperbaiki ke hard disk yg lain. Data akan lenyap kecuali pakai program tertentu yg khusus.

Salam dan Sapa. :D Akan tampil setelah di setujui..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: